Dec 10, 2014

Tips memasak sayur yang sehat

Bunda sekeluarga suka makan sayur? bagus banget tuh. Tapi tau kah bunda bahwa memasak sayur perlu kiat khusus. Salah mengolah kandungan gizi dan mineral bisa rusak dan menguap sia-sia. Suka makan sayur mentah atau lalapan? itu juga lebih baik karena kandungan gizi yang masih utuh walaupun masih ada rasa takut karena bisa jadi bakteri dan kuman masih tertinggal walaupun kita sudah merasa mencuci dengan bersih. Sayur mentah bagi sebagian orang juga tidak terlalu baik.
Misalkan orang dengan alergi ataupun ibu hamil yang sensitif, malah bisa berbahaya mengkonsumsi makanan mentah.

Nah berikut kiat-kiat agar memasak sayur yang sehat dan kandungan nutrisi masih terjaga,

Mengukus.  Cara ini adalah cara yang terbaik dalam memasak sayur karena kandungan gizinya yang masih terjaga tanpa takut kuman dan bakteri yang masih ada di dalam sayuran.

Menumis. Kebanyakan orang suka sayuran dengan cara menumisnya. Dengan sedikit minyak saja ya bunda, karena lebih baik mengkonsumsi makanan dengan sedikit minyak di dalamnya. Lagipula vitamin yang larut dalam lemak akan berakhir di dalam minyak. Ditakutkan bila memakai banyak minyak, bunda akan membuangnya karena takut kolesterol.


Memasak tanpa air. Hampir sama dengan menumis, tetapi memasak kali ini tanpa ada air sama sekali, yakni hanya mengandalkan air yang menempel di daun ketika mencuci. Misalnya, sayur kangkung atau sawi putih.

Memanggang. Beberapa sayuran hanya cocok direbus tetapi juga ada yang bisa dimasak dengan cara dipanggang. Sayuran yang paling baik adalah dari akar-akaran, yakni kentang, bawang atau tomat.

Merebus. Merebus sebenarnya kurang dianjurkan oleh ahli gizi karena kandungan nutrisi yang berada dalam sayur akan hilang. Untuk mengurangi resiko kehilangan disarankan untuk merebus sayur setelah air mendidih dan tunggu selama kurang lebih 2 menit baru sayur dimasukkan dan masaklah dengan cepat. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi oksigen dalam air yang dengan cepat akan menguapkan kandungan nutrisi yang ada di dalam sayuran. Jangan pula langsung memasukan sayuran selagi dimasak dimulai dengan air dingin, karena  akan mengurangi kadar vitamin C, 10-12 kali lebih cepat.



2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete